Skip to main content

Profil Kabupaten Bengkalis

Profil Kabupaten bengkalis
Ada Apa di Kabupaten Bengkalis..?

Sport Hall Bengkalis : Sumber : www.bengkaliskab.go.id

Kabupaten Bengkalis merupakan salah satu Kabupaten yang ada di Provinsi Riau. dengan pusat kotanya yang terletak di Bengkalis, Kabupaten Bengkalis memiliki jumlah penduduk sebanyak 498.335 Jiwa dengan luas wilayahnya sekitar  7.793.93 km2, terdiri dari 11 kecamatan dan 102 Kelurahan. Dan pada saat ini Bengkalis dipimpin oleh seorang Bupati yang bernama Amril Mukminin, SE, MM dan wakilnya H. Muhammad, ST, MP dengan masa jabatan 2016 s/d 2021. Mayoritas dari penduduk kabupaten Bengkalis menganut agama Islam, selain Suku melayu ada beberapa suku-suku lainnya yang menempati kawasan bengkalis, seperti Suku Minang, Suku Jawa, Suku Bugis, Suku Batak, dll.

TPOC Tarvel Pekanbaru Duri

Kabupaten Bengkalis merupakan salah satu daerah yang memiliki dataran rendah dengan tinggiannya yang hanya sekitar 2-6,1 m dari permukaan laut. Bahkan sebagian besar tanah di bengkalis merupakan tanah organosol, yang mana jenis tanah ini banyak mengandung bahan-bahan organik.
Sebagian besar penghasilan kabupaten Bengkalis dari minyak bumi dan gas. jarak dari kota Bengkalis ke kota Pekanbaru itu sekitar 60 km. Untuk fasilitas jalan rayanya pun kini kabupaten bengkalis sedikit demi sedikit sudah memiliki kemajuan, mulai dari akses jalanannya yang sudah menggunakan aspal hotmix namun untuk daerah-daerah pelosok masih dalam proses.

Kabupaten Bengkalis di kelilingi oleh beberapa sungai dan pulau. Dan pulau yang paling terkenal adalah pulau rupat dan pulau bengkalis. Maka dari itu pulau-pulau tersebut dijadikan sebagai objek wisata, dan teryata Bengkalis ini memiliki potensi yang amat luar biasa untuk masalah wisata. Apalagi bengkalis ini tempatnya sangat trategis dan berbatasan dengan negara tetangga yaitu Malaysia.

Selain Pulau Bengkalis terdapat pula beberapa tempat wisata yang merupakan peninggalan dari zaman kerajan terdahulu. Lalu apa saja tempat wisata di Bengkalis tersebut? yuk simak ulasannya sebagai berikut:

Pantai Rupat Utara
Yang pertama ada Pantai Rupat Utara, pantai salah satu Pantai yang ada di bengkalis lebih tepatnya di Desa Teluk Rhu, Kecamatan Rupat Utara, Kbaupaten Bengkalis.  Anda anda menemukan pemandangan air laut yang biru dan didepannya terdapat gunung dan pepohonan yang hijau. untuk sampai di pantai ini anda hanya perlu menempuh perjalanan dari Kota Pekanabaru menuju Pelabuhan Dumai dan itu jaraknya kurang lebih sekitar 181 Km atau 4 jam perjalanan. Jika anda sudah berada di pelabuhan Dumai anda harus menyebrang sekitar setengah jam lagi untuk sampai ke Pulau Rupat. Dan Untuk tarif yang dikenakan dari Pelabuhan Dumai ke Pulau Rupat Rp. 100.000. namun untuk sampai ke Pantai Rupat Utaranya sendiri, harus melakukan perjalanan lagi sekitar 3 Jam.  Memang untuk mencapai Pantai ini membutuhkan waktu yang cukup lama, tapi semua itu akan terbayar kok dengan keindahan yang ditawarkan oleh Pantai Rupat Utara.

Pulau Beting Aceh
Setelah dari Pantai Rupat Utara anda bisa menyebarang lagi Ke Pulau Beting Aceh, Pulau ini tak kalah asyik nya dengan Pantai Rupat Utara. Pasir lautnya yang putih dan pemandangannya yang sangat menyejukkan mata ini, tak heran bila Pulau Beting Aceh ini merupakan tempat paling Indah yang ada di Bengkalis. Bagi anda yang baru saja menikah boleh nih memilih Pulau ini dijadikan sebagai tempat untuk Honeymoon bersama pasangan.

Pantai Selat Baru
Pantai yang sering banyak dikunjungi oleh para wisatwan lokal maupun wisatwan luar daerah bengkalis adalah Pantai Selat Baru. Pantai ini menawarkan pemandangan yang sanagt eksotis, apalagi pada sore hari langit yang biru ke merah-merahan dan matahari yang mulai turun membuat para wisatawan ingin berlama-lama tinggal disana dan tidak lupa untuk mengabadikan moment tersebut dengan cara berfoto.

Wisata Hutan Lindung Bukit Batu
Selain pulau dan Pantai Bengkalis juga terkenal dengan wisata Hutan lindung, hutan ini dihuni oleh beberapa spesies flora dan Fauna yang langka dan masih dilindungi keberadaaanya.
Tamana Pelatihan Gajah Bukit Batu
Selain wisata Hutan Lindung Bukit Batu, di kawasan ini pula terdapat area yang digunakan untuk melakukan pelatihan Gajah. Anda bisa berinteraksi langsung dengan gajah-gajah tersebut, bahkan bisa menungganginya, karena sudah dilatih hingga bertahun-tahun jadi dijamin gajah-gajah disini pada baik-baik semua.

Taman Kera Jinak Sekodi
Selain taman yang dihuni oleh Gajah, Bnegkalis juga memiliki taman yang dihuni oleh sekumpulan kera Jinak. Taman ini terletak di Tepi Pantai Desa Sekodi atau 50 km dari kecamtan Bengkalis, anda bisa berinteraksi langsung dengan kera-kera tersebut atau sekedar memberikan makanan kepada kera-kera tersebut.

Bagi anda wisatawan yang datang dari luar kota bengkalis bisa menyewa hotel atau penginapan yang tersebar di beberapa titik tempat pariwisata. Hotel atau penginapan yang bisa anda tempati selama berada di Bengkalis anda boleh datang ke Hotel Marina Bengkalis. Hotel ini merupakan tempat penginapan terbesar  di Bengkalis.

Dan tak lengkap rasanya bila anda berkunjung ke Bengkalis tanpa mencicipi makanan-makanan khas Bengkalis. Salah satu makanan khas dari bengkalis yang paling terkenal adalah Lempok durian atau dodol durian. Berbeda dengan dodol durian pada umumnya, Lempok durian ini memiliki tekstur yang lembut dan aromanya sangat khas. Selain lempok durian ada juga beberapa makanan lain khas bengkalis yang tak kalah sedap dari lempok durian, yaitu ada Bolu kemojo, Roti Jala, Roti Canai, Asidah, kue Bangkit, cencalok. Bahkan ada beberapa makanan yang namanya itu sangat unik seperti air mata pengantin dan laksamana mengamuk.

Demikian itulah ulasan informasi mengengai seluk beluk Kabupaten Bengkalis, semoga infromasi yang kami sampaikan bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Nasi Kapau Gonjong Limo Enak dan Lezat

Nasi Kapau Gonjong Limo Memang Mantap Gulai Tambunsu Favorit di Nasi Kapau Gojong Limo  Nasi Kapau merupakan salah satu kuliner yang berasal dari Ranah Minang. Kapau adalah sebuah nama daerah yang ada di pinggiran Kota Bukittinggi, Walaupun secara Geografis daerah Kapau ini tidak terletak di Bukittinggi, tetapi daerah Kapau ini sangat erat kaitannya dengan kota Bukittinggi. Sekarang Nama Kapau telah terkenal dimana-mana karena Sebagian besar penduduk daerah kapau ini banyak yang berjualan nasi di berbagai daerah di Indonesia. Jika anda berkunjung ke kota Bukittinggi anda akan menemui sebuah los atau pasar yang khusus tempat menjual nasi Kapau, yaitu Los Lambuang Pasar Ateh Bukittinggi. Tambunsu Nasi Kapau Gonjong Limo Nah, di Kota Pekanbaru kota Bertuah ini ada sebuah Kedai Nasi Kapau, yang sudah berjalan puluhan tahun melayani pencinta nasi kapau di Pekanbaru, Nasi Kapau tersebut Bernama Nasi Kapau Gonjong Limo. Menu Nasi Kapau Gojong Limo ini hampir sama dengan Menu yan

Cara Mendapatkan Stiker Penari Lintas Community

Beraneka Macam Model Stiker PLC Stiker Penari Lintas Community Penari Lintas Coomunity saat ini sudah dikenal oleh masyarakat Stiker yang Tertempel pada Group Facebook PLC Cara Mendapatkan Stiker PLC  Silahkan Langsung Sharing di Group Facebook Klik Disini PLC Versi 1 Salam Satu Aspal PLC Cara Bergabung dengan PLC

Pijat Refleksi Panggilan Pekanbaru Riau

Pijat Refleksi & Tradisioanl Pekanbaru PAK KHAIDIR Selamat Sore Traveler dan msyarakat Kota Pekanbaru dimanapun anda beraada.. Pada Sore ini kami admin travelpekanbaru.com akan memberikan informasi penting terkait tempat pijat refleksi dan pijat tradisional di kota pekanbaru. Nah ini adalah salah satu kemudahan yang di nsediakan di Tempat Pijat Refleksi dan Tradisional PAK KHAIDIR Kota Pekanbaru. Pijat Refleksi Pak Khidir langsung ditangai oleh tenaga profesioanl dibidangnya. Pak Kahidir sendiri sudah Belasan tahun menggeluti Profesi Pijat Tradisional ini. Pemijatan dilakukan maulai dari Ujung  Kaki Hingga baian kepala. Badan yang terasa kurang enak akan lebih Ringan setelah Di Pijat disini. Alamat Tempat Pijat Pak Khaidir ini Berada di Pusat kota Peknabaru yaitu di Jlaan Todak Samping Travel ALAM JAYA GROUP Rute pekanbaru Batusangakar Sawahlunto. Pijat Refleksi Pak Khaidir ini 2 Jam, dan Tenaga Ahli Pijat Pak Khaidir ini siap dipanggil dengan Rdius 3 Km. Jika Lebih