Skip to main content

Profil Kabupaten Kampar - Bangkinang

Profil Kabupaten Kampar Ibukota Bangkinang
Travel Pekanbaru Bangkinang


Kabupaten Kampar adalah salah satu kabupaten di Provinsi Riau. Saat ini kabupaten Kampar dipimpin oleh seorang Bupati yang bernama H. Aziz Zaenal dan wakilnya bernama Catur Sugeng Susanto. Kabupaten Kampar berdiri tanggal 9 November 1949, namun berdasarkan peraturan UUD No. 12 tahun 1956 Ibu Kota Kampar di alihkan ke Bangkinang. Yang mana sebelumnya Kabupaten Kampar termasuk pada Propinsi Sumatera Tengah.

Dari sejak itulah Ibukota Kabupaten Kampar ada di Bangkinang. Kabupaten Kampar sendiri memiliki luas wilayah sekitar 1.128.928 Ha atau 10.928,20 km2, terletak anatara 1o00’40’’ Lintang Utara s/d 0027’00’’Lintang Selatan dan 100028’30 – 101o14’30’’ Buju Timur.  Terdiri dari 21 kecamatan dan 207 kelurahan, dan populasi penduduk sebanyak 688,204 jiwa.

Ada beberapa batas daerah dari Kabupaten Kampar, yaitu untuk bagian utara ada Kabupaten Rokan Hulu dan Kabupaten Bengkalis, bagian Selatan ada Kabupaten Kuantan Sigingi, sedangkan untuk bagian Barat ada Kabupaten Lima Puluh Kota (Sumatera Barat), dan untuk bagian Timur ada kota Pekanbaru, kemudian Kabupaten Siak, dan Kabupaten Pelalawan. jarak dari Bangkinang ke Pekanbaru itu sekitar 60 Km atau bisa menempuh kurang lebih 1 jam perjalanan.

Tidak sampai disitu saja Kabupaten Kampar memiliki dua buah sungai kecil yang sering dilalui oleh warga setempat, yaitu ada Sungai kampar, sungai ini memiliki kedalam kurang lebih 7,7 meter dengan lebar sungai sekitar 143 meter. Dan seluruh kawasan sungai ini semuanya termasuk kedalam kawasan kabupaten Kampar yang meliputi Bangkinang, bangkinang barat, siak hulu, dan kampar kiri. Dan sungai yang lainnya dinamai dengan sungai Siak yang memiliki kedalaman kurang lebih 8 – 12 meter.


Wisata di Kabupaten Kampar
Tak lengkap rasanya bila kita tidak membahas mengenai tempat-tempat wisata di Kabupaten Kampar yang intagramble banget. yuk simak dibawah ini beberapa tempat wisata yang ada di Kabupaten Kampar, sebagai berikut:

Sungai Hijau
Sungai ini terletak di Desa Salo kecamatan Salo, Kabupaten Kampar. Sungai ini kenapa dijuluki dengan sungai hijau karena memang warna dari sungai ini berwarna Hijau. Tapi jangan khawatir sungai ini sangat bersih airnya pun sangat jernih hanya saja permukaannya yang dangkal yang menyebabkan lumut-lumut nampak terlihat jelas, tidak hanya lumut bebatuan –bebatuan di sungai itu pun sangat terlihat jelas.

Tempat ini cocok digunakan untuk tempat piknik bersama keluarga, sahabat, dan pacar, disini juga menyediakan penyewaan keperluan-keperluan piknik seperti tikar, tenda, dll. dijamin tempat ini sangat instragammble banget deh, lokasinya juga sangat startegis, dan tempat ini sudah menjadi salah satu objek wiata yang wajib di kunjungi.


Lubang Kolam
Tempat wisata yang kedua yaitu Lubang Kolam, bukan kolam renang yang berlubang ya, tapi dulunya tempat ini merupakan sebuah terowongan yang sering dilalui oleh beberapa kendaraan yang sedang melakukan pembangaunan PLTA Koto Panjang. Karena itu akibat adanya pembangunan PLTA tersbut terpaksa jalur lintas antar Riau ke Sumatera Barat di alihkan. Namun yang menarik dari tempat ini anda bisa mengabadikan dengan berfoto di lubang terowongan tersebut yang memiliki panjang kurang lebih 50 meter.

Air Terjun Pangkalan Kapas
Tempat wisata kabupaten kampar yang tak kalah menarik lainnya adalah Air Terjun Pangkalan Kapas. Air terjun pangkalan kapas ini memiliki ketinggian 150 meter dan air terjun ini merupakan air terjun tertinggi yang ada di Provinsi Riau. yang menarik dari tempat ini dan berbeda dari air terjun lainnya yang biasanya air yang mengalir menyentuh tebing-tebingnya, tapi di air terjun pangkalan kapas ini airnya tidak menyentuh tebingnya sama sekali, jadi airnya itu langsung jatuh dari atas ke bawah. Tapi sayang untuk menuju air terjun tersebut jalanan nya masih berupa jalan tanah disertai tanjakan-tanjakan yang cukup tajam. Tapi tenang saja  semuanya itu akan terbayar kok dengan pemandangan yang super indah dari air terjun pangkalan kapas ini. tempatnya pun sangat sejuk karena dikelilingi oleh pepohonan hijau.

Bukit Naang
Kabupaten Kampar memiliki taman Agrowisata yang sangat indah, tidak hanya itu taman ini menyediakan beberapa wahana permainan, diantaranya ada wahana outbond, flying fox, ATV, Air Softgen, danau buatan, dan masih banyak lagi wahana permainan lainnya yang bisa anda nikmati selama berada di Bukit Naang.

Taman Bunga Eceng Gondok
Selain Bukit Naang ada juga Taman Bunga Eceng Gondok, sesuai dengan namanya taman bungan eceng gondok, memang taman ini ditumbuhi dengan tanaman bunga eceng gondok yang tumbuh subur. Berbeda dengan eceng gondok yang biasa kita jumpai, eceng gondok disini berwarna ungu keputih-putihan. Anda bisa mengabadikan keindahan dari bunga ecek gondok ini dengan berfoto-berfoto, tapi ingat jangan sampai merusak bunganya ya.


Hotel & Wisma di Kampar - Bangkinang
Bagi anda para wisatawan dari luar kota atau dari beberapa daerah yang jauh dari kawasan-kawasan wisata yang ada di Kabupaten Kampar, anda bisa menyewa sebuah hotel atau wisma yang terletak di Kabupaten Kampar.

Ada Hotel Labersa yang terletak di Jl. Labersa Parit Indah, Siak Hulu, kemudian ada Hotel Tiga Dara di Jl. Pusdiklat Kubang Raya, Siak Hulu, Hotel Bangkinang Baru di Jl. DI.Panjaitan, Wisma Samudera di Jl. Prof.M.Yamin,SH, no.27, Wisma Bangkinang di Jl. DI.Panjaitan, Wisma Pantian Ragi di Jl. Prof. M.Yamin, SH.No.281. Wisma Mawar di jl.DI.Panjaitan, Wisma Nirvana di Jl. Datuk Tabano Ujung, dan Wisma Bungalow Stanum di Jl. Jendral Sudirman.

Dan jangan lupa jika anda berkunjung ke Kabupaten Kampar untuk mencicipi kuliner khas kabupaten Kampar yang melegenda, diantaranya ada Kue Palito Daun yang terbuat dari tepung beras, lalu ada Kue Lajo, dan masih banyak kuliner khas kabupaten kampar lainnya yang tak kalah enak dan dijamin anda akan nyesel kalo melewatkannya.

Informasi Seputar Kabupaten Kampar
Kampar Kiri lipat kain dan Kampar Kanan Bangkinang.
Penginapan murah di Bangkinang dan Kampar 

Comments

Popular posts from this blog

Nasi Kapau Gonjong Limo Enak dan Lezat

Nasi Kapau Gonjong Limo Memang Mantap Gulai Tambunsu Favorit di Nasi Kapau Gojong Limo  Nasi Kapau merupakan salah satu kuliner yang berasal dari Ranah Minang. Kapau adalah sebuah nama daerah yang ada di pinggiran Kota Bukittinggi, Walaupun secara Geografis daerah Kapau ini tidak terletak di Bukittinggi, tetapi daerah Kapau ini sangat erat kaitannya dengan kota Bukittinggi. Sekarang Nama Kapau telah terkenal dimana-mana karena Sebagian besar penduduk daerah kapau ini banyak yang berjualan nasi di berbagai daerah di Indonesia. Jika anda berkunjung ke kota Bukittinggi anda akan menemui sebuah los atau pasar yang khusus tempat menjual nasi Kapau, yaitu Los Lambuang Pasar Ateh Bukittinggi. Tambunsu Nasi Kapau Gonjong Limo Nah, di Kota Pekanbaru kota Bertuah ini ada sebuah Kedai Nasi Kapau, yang sudah berjalan puluhan tahun melayani pencinta nasi kapau di Pekanbaru, Nasi Kapau tersebut Bernama Nasi Kapau Gonjong Limo. Menu Nasi Kapau Gojong Limo ini hampir sama dengan Menu yan

Cara Mendapatkan Stiker Penari Lintas Community

Beraneka Macam Model Stiker PLC Stiker Penari Lintas Community Penari Lintas Coomunity saat ini sudah dikenal oleh masyarakat Stiker yang Tertempel pada Group Facebook PLC Cara Mendapatkan Stiker PLC  Silahkan Langsung Sharing di Group Facebook Klik Disini PLC Versi 1 Salam Satu Aspal PLC Cara Bergabung dengan PLC

Pijat Refleksi Panggilan Pekanbaru Riau

Pijat Refleksi & Tradisioanl Pekanbaru PAK KHAIDIR Selamat Sore Traveler dan msyarakat Kota Pekanbaru dimanapun anda beraada.. Pada Sore ini kami admin travelpekanbaru.com akan memberikan informasi penting terkait tempat pijat refleksi dan pijat tradisional di kota pekanbaru. Nah ini adalah salah satu kemudahan yang di nsediakan di Tempat Pijat Refleksi dan Tradisional PAK KHAIDIR Kota Pekanbaru. Pijat Refleksi Pak Khidir langsung ditangai oleh tenaga profesioanl dibidangnya. Pak Kahidir sendiri sudah Belasan tahun menggeluti Profesi Pijat Tradisional ini. Pemijatan dilakukan maulai dari Ujung  Kaki Hingga baian kepala. Badan yang terasa kurang enak akan lebih Ringan setelah Di Pijat disini. Alamat Tempat Pijat Pak Khaidir ini Berada di Pusat kota Peknabaru yaitu di Jlaan Todak Samping Travel ALAM JAYA GROUP Rute pekanbaru Batusangakar Sawahlunto. Pijat Refleksi Pak Khaidir ini 2 Jam, dan Tenaga Ahli Pijat Pak Khaidir ini siap dipanggil dengan Rdius 3 Km. Jika Lebih