Skip to main content

Profil Kabupaten Kepualaun Meranti - Selat Panjang

Profil Kabupaten Kepualaun Meranti
Selat Panjang Riau

Sumber Gambar : merantikab.go.id/
Kabupaten Kepulauan Meranti merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Riau dan Ibukotanya berada di Selat Panjang, kabupaten ini memiliki luas wilayah 3703.84 km2, dengan populasi 238,412 jiwa, terdiri dari 9 kecamatan, 5 kelurahan dan 96 Desa. Sebelum terbentuknya Kabupaten kepulauan Meranti seperti saat ini, Kabupaten ini hasil dari pemekaran kabupaten Bengkalis pada tanggal 19 Desember berdasarkan UU no. 12 tahun 2009, kemudian pada tanggal 16 Januari 2009 Kabupaten Kepualaun Meranti telah diresmikan .

Adapun beberapa pulau yang berada di Kepulauan Meranti itu terdiri dari Pulau Burung, Pulau Merbau, Pulau Tebing Tinggi, Pulau Padang, Pulau Jadi, Pulau Pajang, Pulau Setahun, Pulau Baru, Pulau Paning, Pulau Depan, Pulau Berembang dan Pulau Ransang. Bahkan nama Meranti sendiri itu diambil dari tiga pulau yang ada di Kepualuan meranti, yaitu Merbau, Ransang, dan Pulau Tebing Tinggi.

Pada saat ini Kabupaten Kepulauan Meranti di Pimpin oleh seorang  Bupati yang bernama Drs. Irwan Nasir, M.Si dan Wakilnya bernama Drs. Masrul Kasmy, M.Si.  kepulauan Meranti ini berbatasan dengan negara tetangga, seperti Malaysia dan Singapura, maka dengan adanya kondisi ini sering dimanfaatkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di kepulauan ini dengan menggunakan jalur laut.

Penghasilan terbesar dari kabupaten Kepulauan Meranti ini yaitu dari potensi sumber daya alamnya, baik dari sektor migas maupun non migas. Untuk sektor migas yaitu berupa minyak bumi dan gas, yang banyak menghasilkan minyak bumi dan gas berada dikawasan pulau Padang. Sedangkan sektor Non migasnya itu dari hasil perkebunan yang tersebar di beberapa daerah di kepulauan meranti, seperti perkebunan kelapa sawit, sagu, kelapa, karet, pinang, kopi.

Wisata di Kabupaten Meranti

Selain dari sektor migas dan non migas, ada beberapa potensi lain yang bisa meningkatkan penghasilan kabupaten Kepuauan Meranti yaitu salah satunya dari sektor Pariwisata. Berikut beberapa tempat Pariwisata yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan dalam dan luar kota.

Pantai Ceria
Pantai Ceria merupakan salah satu objek wisata di Kabupaten Kepulauan Meranti yang cukup menarik perhatian para wisatwannya, karena air lautnya yang berwarna biru, pantainya yang bersih. Sesuai dengan namanya Ceria yang mana nama tersebut merupakan nama yang diambil dari Centai dan Riau yang singkat menjadi Ceria, tempat ini berlokasi di Desa Centai, Pulau Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau. Indonesia.

Para wisatawan juga selain bisa menikmati keindahan yang disuguhkan dari pantai ceria ini, anda juga bisa melihat beberapa biota laut yang menempati pantai tersebut, dan salah satu biota yang terkenal dari pantai ini adalah Mentarang, Mentarang adalah sejenis hewan laut yang bentuknya mirip dengan Tiram. Bahkan oleh warga sekitar Mentarang ini sering dikonsumsi. Namun tidak semua musim bisa menemukan biota laut langka ini, mentarang ini akan muncul berbarengan dengan musim Durian.

Pulau Legenda Dedap Durhaka
Dari namanya saja kedengerannya Pulau ini agak sedikit seram ya, konon katanya Pulau ini memiliki legenda atau kisah yang hampir mirip dengan kisah Legenda Malin Kundang di Padang Sumatera Barat. Yang mana cerita ini bermula dari seorang laki-laki yang bernama Dedap kemudian laki-laki tersebut meratau dan memiliki kekayaan yang melimpah, namun laki-laki ini telah durhaka terhadap Ibunya, lalu si anak durhaka tersebut di kutuk di Pulau tersebut. sari situlah Pulau tersebut dinamai dengan Pulau Legenda Dedap Durhaka. Jika anda pergi kepulau tersebut anda akan menemukan sebuah pohon mangga, yang mana buahnya itu rasanya sangat manis, dan sepasang kera sebagai penunggu pulau legenda dedap durhaka.

Pantai Motong
Pantai motong ini berada di Wilayah pesisir kepualaun Meranti, pantai ini adalah sebagai objek  wisata yang banyak dikunjungi para wisatwan, karena pantai motong ini sangat indah, bahkan tidak hanya itu saja, dari pantai ini anda bisa melihat laut selat melaka yang terkenal dengan lautnya yang sangat luas dan tenang. Kemudian ada bebetauan yang sengaja disimpan di pantai ini karena untuk menambah keeksotikan pantai ini.


Kuliner Khas Meranti

Selain menikmati indahnya dari beberapa objek wisata yang telah disebutkan diatas, anda juga bisa menikmati beberapa makanan khas kabupaten kepulauan Meranti, diantaranya:

Mie Sagu
Mie Sagu merupakan makanan khas kepulauan Meranti, berbeda dengan mie-mie yang kita makan pada umunya, mie sagu ini bahan utamanya dari sagu, kemudian dibentuk seperti mie, lalu yang membedakan dari mie lainnya adalah bumbunya menggunakan rempah-rempah khas Meranti.

Bolu Kemojo
Pada zaman dulu Bolu Kemojo ini merupakan makanan keluarga saja, namun seiring berjalannya waktu, Bolu Kemojo ini dijadikan sebagai makanan khas Riau. Bolu kemojo ini rasanya sangat manis dan enak.

Roti Canai
Roti Canai ini sekilas seperti makanan khas India, namun ternyata makanan in juga merupakan makanan kesukaan warga Malaysia. Roti Canai ini bisa dijadikan sebagai menu sarapan, makan siang ataupun makan malam . dan biasanya Roti Canai ini disajikan dengan samabal ikan bilis. Untuk menambah kenikmatan dari Roti Canai ini bisa dilengkapi dengan air teh panas.

Kue Asidah
Kue ini rasanya manis dengan dipadukan rempah-rempah seperti kayu manis, daun pandan dan cengkeh. Namun yang berbeda dari kue-kue lainnya, kue asidah ini ditaburi dengan bawang goreng.
Bagi wisatawan yang datang dari luar kota atau luar daerah kabupaten Kepulauan Meranti bisa menyewa penginapan-penginapan yang berada di sekitaran tempat-tempat wisata di Kabupaten Kepulauan Meranti.

Comments

Popular posts from this blog

Nasi Kapau Gonjong Limo Enak dan Lezat

Nasi Kapau Gonjong Limo Memang Mantap Gulai Tambunsu Favorit di Nasi Kapau Gojong Limo  Nasi Kapau merupakan salah satu kuliner yang berasal dari Ranah Minang. Kapau adalah sebuah nama daerah yang ada di pinggiran Kota Bukittinggi, Walaupun secara Geografis daerah Kapau ini tidak terletak di Bukittinggi, tetapi daerah Kapau ini sangat erat kaitannya dengan kota Bukittinggi. Sekarang Nama Kapau telah terkenal dimana-mana karena Sebagian besar penduduk daerah kapau ini banyak yang berjualan nasi di berbagai daerah di Indonesia. Jika anda berkunjung ke kota Bukittinggi anda akan menemui sebuah los atau pasar yang khusus tempat menjual nasi Kapau, yaitu Los Lambuang Pasar Ateh Bukittinggi. Tambunsu Nasi Kapau Gonjong Limo Nah, di Kota Pekanbaru kota Bertuah ini ada sebuah Kedai Nasi Kapau, yang sudah berjalan puluhan tahun melayani pencinta nasi kapau di Pekanbaru, Nasi Kapau tersebut Bernama Nasi Kapau Gonjong Limo. Menu Nasi Kapau Gojong Limo ini hampir sama dengan Menu yan

Cara Mendapatkan Stiker Penari Lintas Community

Beraneka Macam Model Stiker PLC Stiker Penari Lintas Community Penari Lintas Coomunity saat ini sudah dikenal oleh masyarakat Stiker yang Tertempel pada Group Facebook PLC Cara Mendapatkan Stiker PLC  Silahkan Langsung Sharing di Group Facebook Klik Disini PLC Versi 1 Salam Satu Aspal PLC Cara Bergabung dengan PLC

Pijat Refleksi Panggilan Pekanbaru Riau

Pijat Refleksi & Tradisioanl Pekanbaru PAK KHAIDIR Selamat Sore Traveler dan msyarakat Kota Pekanbaru dimanapun anda beraada.. Pada Sore ini kami admin travelpekanbaru.com akan memberikan informasi penting terkait tempat pijat refleksi dan pijat tradisional di kota pekanbaru. Nah ini adalah salah satu kemudahan yang di nsediakan di Tempat Pijat Refleksi dan Tradisional PAK KHAIDIR Kota Pekanbaru. Pijat Refleksi Pak Khidir langsung ditangai oleh tenaga profesioanl dibidangnya. Pak Kahidir sendiri sudah Belasan tahun menggeluti Profesi Pijat Tradisional ini. Pemijatan dilakukan maulai dari Ujung  Kaki Hingga baian kepala. Badan yang terasa kurang enak akan lebih Ringan setelah Di Pijat disini. Alamat Tempat Pijat Pak Khaidir ini Berada di Pusat kota Peknabaru yaitu di Jlaan Todak Samping Travel ALAM JAYA GROUP Rute pekanbaru Batusangakar Sawahlunto. Pijat Refleksi Pak Khaidir ini 2 Jam, dan Tenaga Ahli Pijat Pak Khaidir ini siap dipanggil dengan Rdius 3 Km. Jika Lebih