Skip to main content

Selayang Pandang Profil Kota Pekanbaru

Profil Kota Pekanbaru
Selayang Pandang Kota Pekanbaru, 
Tak Kenal Maka Tak Sayang


Pekanbaru adalah salah satu kota tua di Indonesia, dilihat dari hari jadinya yang tanggal 23 Juni 1784, maka usia kota Pekanbaru saat ini adalah 234 tahun. Dimulai dari sejarah panjang kota seluas 1642 km2 ini, ikatan sejarahnya tidak lepas dari sungai Siak. Transportasi dalam daerah melalui akses sungai Siak, memudahkan masyarakat mendistribusikan aneka hasil bumi yang ditanam di dataran tinggi Minangkabau sampai ke pesisir Selat Malaka.

Sultan Alamuddin Syah yang merupakan Sultan Siak ke 4 di abad ke-18, tepatnya di tahun 1762, memindahkan pusat kekuasaan dari Siak ke tempat lain yakni Mempura untuk menghindari campur tangan Belanda walau sebelumnya beliau berhasil menggeser tahta keponakannya yakni Sultan Ismail yang mendapat bantuan Belanda. Saar itu beliau membangun pekan (pasar)untuk para pedagang dari Minangkabau dan kemudian berkembang menjadi pekan yang sangat ramai dengan berbagai macam hasil bumi yang melimpah. Inilah kenapa nama Pekanbaru mulai mencuat dan akhirnya saat diadakan musyawarah "Dewan Menteri" yang berasal dari Kesultanan Siak, terdiri atas datuk empat suku yakni Pesisir, Limapuluh, Tanah Datar, dan Kampar, nama Pekanbaru pun resmi disandang dan tanggal musyawarah dijadikan hari bersejarah bagi kota ini.

Hingga saat ini Pekanbaru sudah mengalami banyak sekali perubahan dan perkembangan ke arah yang lebih baik, salah satunya pembagian kecamatan dimana awal terbentuk hanya terdiri dari dua kecamatan yakni Senapelan dan Limapuluh, kemudian di tahun 1965 dibagi jadi 6 kecamatan, 8 kecamatan di tahun 1985. Kemudian tahun 2003 kecamatan bertambah menjadi 12 kecamatan setelah Kab.Kampar setuju untuk menyerahkan sebagian dari wilayah untuk memperluas wilayah Pekanbaru.

Penginapan Murah Pekanabaru
Yang Khas Dari Kota Pekanbaru 

Seperti layaknya kota-kota tua lainnya di Indonesia, Pekanbaru juga memiliki aneka macam kearifan lokal khas yang terkenal. Misalnya saja Mesjid Raya Pekanbaru yang berada di Senapelan, awalnya terkenal sebagai Masjid Alam dan dibangun sejak abad ke 18 silam. Ciri arsitektur tradisionalnya sangat kuat terlihat dan menjadi ciri khasnya sebagai salah satu bangunan tertua di Pekanbaru, tak hanya itu, ada beberapa bangunan dengan arsitektur Melayu yang tak kalah sepuh, misalnya Balai Adat Melayu Riau yang posisinya berada di jalan Diponegoro. Bangunan yang dibangun dua lantai, dimana lantai teratas dihiasi dengan ungkapan adat dan juga ada pasal-pasal Gurindam Dua Belas yang masyhur karya Raja Ali Haji, seorang sastrawan keturunan Bugis.

Beralih ke jalan Sudirman, kita bisa menemukan Gedung Taman Budaya Riau yang memiliki fungsi untuk menggelar aneka kegiatan budaya serta seni Melayu Riau atau kegiatan seni lainnya. Berdampingan dengan bangunan ini berdiri Museum Sang Nila Utama yang berisi ragam koleksi benda bersejarah, juga seni dan budaya.

Ada pula Anjung Seni Idrus Tintin yang dikenal sebagai salah satu ikon budaya yang ada di Kota Pekanbaru, yakni bangunan berarsitektur tradisional yang dinamai seperti nama Idrus Tintin—seniman Riau, bangunan ini dibangun pada kawasan yang dijadikan lokasi terselenggaranya MTQ ke-17. Kota yang dipimpin oleh H. Firdaus, ST, MT sebagai walikota ini juga memiliki beberapa lokasi wisata khas lain, termasuk wisata belanja modern seperti Mall Pekanbaru.

Sementara itu, makanan khas dari Pekanbaru yang dikenal adalah Asidah, yakni kue yang beraroma rempah kuat dan manis, tapi dikonsumsi dengan bawang goreng. Lalu ada Bolu Kemojo, bolu rumahan yang rasanya memikat dan akhirnya jadi kuliner lezat yang disukai banyak orang. Kemudian bisa ditemukan Roti Jala yang bisa disantap manis maupun asin bersama kuah kari, serta Cencaluk. Terbuat dari udang halus dan rempah, gurih serta berprotein tinggi dan cocok untuk disantap bersama nasi.

Hotel dan Penginapan di Kota Pekanbaru

Kota Pekanbaru tak akan habis dijelajahi dalam sehari, karena itu menginap di beberapa hotel rekomendasi di Kota Pekanbaru adalah pilihan yang tepat.


  1. Hotel Amaris Pekanbaru. Dimulai dari 270ribuan semalam dan lokasi di Jl. KH. Wahid Hasyim no 30. Hotel dengan reputasi baik, santapan lezat, pelayanan ramah dan WIFI yang kencang.
  2. Red Planet Hotel. Hotel mungil di jl. Tengku Zainal Abidin no 23. Dekat kemana-mana karena lokasinya yang strategis. 
  3. Hotel Aryaduta Pekanbaru. Posisi tepatnya di Jalan Diponegoro No.34 dan memiliki pelayanan ramah serta kamar yang nyaman. Fasilitas breakfast di luarnya juga membuat banyak pengunjung puas.
  4. Pesonna Hotel Pekanbaru.  Menjadi hotel bintang tiga terbaik yang difavoritkan pengunjung, berada di Jl. Jenderal Sudirman No.455, strategis dan dekat bandara serta dilengkapi fasilitas ibadah yang baik di masing-masing kamar.
  5. Tjokro Hotel Pekanbaru. Lokasi Jl. Jend. Sudirman No.51 dan menawarkan pelayanan hotel yang jempolan. Sarapan yang tersedia untuk semua tipe kamar, kids area di lobby hotel da kamar yang nyaman-nyaman.


Selain hotel yang telah disebutkan di atas, sudah tentu masih banyak hotel dan penginapan di Kota Pekanbaru, yang bisa disesuaikan dengan bujet yang dimiliki. Demikian adalah selayang pandang mengenai Kota Pekanbaru, semoga dengan membaca selayang pandang menjadi makin sayang dan tertarik untuk mengunjungi kota spesial yang satu ini.


Comments

Popular posts from this blog

Nasi Kapau Gonjong Limo Enak dan Lezat

Nasi Kapau Gonjong Limo Memang Mantap Gulai Tambunsu Favorit di Nasi Kapau Gojong Limo  Nasi Kapau merupakan salah satu kuliner yang berasal dari Ranah Minang. Kapau adalah sebuah nama daerah yang ada di pinggiran Kota Bukittinggi, Walaupun secara Geografis daerah Kapau ini tidak terletak di Bukittinggi, tetapi daerah Kapau ini sangat erat kaitannya dengan kota Bukittinggi. Sekarang Nama Kapau telah terkenal dimana-mana karena Sebagian besar penduduk daerah kapau ini banyak yang berjualan nasi di berbagai daerah di Indonesia. Jika anda berkunjung ke kota Bukittinggi anda akan menemui sebuah los atau pasar yang khusus tempat menjual nasi Kapau, yaitu Los Lambuang Pasar Ateh Bukittinggi. Tambunsu Nasi Kapau Gonjong Limo Nah, di Kota Pekanbaru kota Bertuah ini ada sebuah Kedai Nasi Kapau, yang sudah berjalan puluhan tahun melayani pencinta nasi kapau di Pekanbaru, Nasi Kapau tersebut Bernama Nasi Kapau Gonjong Limo. Menu Nasi Kapau Gojong Limo ini hampir sama dengan Menu yan

Cara Mendapatkan Stiker Penari Lintas Community

Beraneka Macam Model Stiker PLC Stiker Penari Lintas Community Penari Lintas Coomunity saat ini sudah dikenal oleh masyarakat Stiker yang Tertempel pada Group Facebook PLC Cara Mendapatkan Stiker PLC  Silahkan Langsung Sharing di Group Facebook Klik Disini PLC Versi 1 Salam Satu Aspal PLC Cara Bergabung dengan PLC

Pijat Refleksi Panggilan Pekanbaru Riau

Pijat Refleksi & Tradisioanl Pekanbaru PAK KHAIDIR Selamat Sore Traveler dan msyarakat Kota Pekanbaru dimanapun anda beraada.. Pada Sore ini kami admin travelpekanbaru.com akan memberikan informasi penting terkait tempat pijat refleksi dan pijat tradisional di kota pekanbaru. Nah ini adalah salah satu kemudahan yang di nsediakan di Tempat Pijat Refleksi dan Tradisional PAK KHAIDIR Kota Pekanbaru. Pijat Refleksi Pak Khidir langsung ditangai oleh tenaga profesioanl dibidangnya. Pak Kahidir sendiri sudah Belasan tahun menggeluti Profesi Pijat Tradisional ini. Pemijatan dilakukan maulai dari Ujung  Kaki Hingga baian kepala. Badan yang terasa kurang enak akan lebih Ringan setelah Di Pijat disini. Alamat Tempat Pijat Pak Khaidir ini Berada di Pusat kota Peknabaru yaitu di Jlaan Todak Samping Travel ALAM JAYA GROUP Rute pekanbaru Batusangakar Sawahlunto. Pijat Refleksi Pak Khaidir ini 2 Jam, dan Tenaga Ahli Pijat Pak Khaidir ini siap dipanggil dengan Rdius 3 Km. Jika Lebih