Skip to main content

Ayam Kokek Variasi Kuliner Khas Pasir Pangaraian (Rohul)

Ayam Kokek Kuliner Khas Rohul Pasir Pangaraian
Kuliner Enak Ujung batu - Pasir Pangaraian
 
Sumber : http://adedoankblogspotcom.blogspot.com


Bagi pecinta kuliner nusantara, pasti tak ingin melewatkan kesempatan untuk mencoba kuliner khas Rohul yang begitu kaya rasa. Kabupaten Rokan Hulu atau yang lebih populer disebut sebagai Rohul ini berada di Provinsi Riau, memiliki julukan yang unik yakni Negeri Seribu Suluk. Tidak hanya alamnya yang membuat pelancong rindu untuk kembali, namun kuliner khas Rokan Hulu juga dijamin mampu bikin ketagihan.

Jika di Kalimantan ada Tempoyak, maka di Riau ada Asam durian. Keduanya merupakan hal yang sama, yakni daging durian yang sudah difermentasi sehingga rasanya jauh lebih unik. Karena merupakan warisan leluhur, maka tidak heran jika kemudian di Rokan Hulu banyak sekali makanan tradisional yang memasukkan asam durian di dalamnya.

Rasa asli dari asam durian ini sendiri adalah asam, dan aroma duriannya juga menyengat. Namun karena itulah asam durian menjadi tambahan citarasa khas untuk berbagai santapan khas Rohul.
Salah satu yang paling terkenal adalah Sambal Kokek Asam Durian, cara membuatnya juga sangat simpel karena bahannya yang mudah untuk ditemukan. Ada banyak resep sambal kokek asam durian ini, namun yang paling populer adalah sambal yang menggunakan teri dan juga petai untuk menambah citarasa.

Variasi Kuliner Khas Rohul

Sambal kokek asam durian ibaratnya sudah menjadi masakan khas yang wajib dikuasai oleh para anak gadis Riau, utamanya Kabupaten Rokan Hulu Pasir Pangaraian. Tetapi seiring berkembangnya zaman, banyak juga olahan kuliner khas Rohul yang muncul dan jadi favorit. Misalnya saja adalah Ayam Kokek. Jika biasanya kokek dibuat dengan menggunakan ikan teri, maka yang satu ini adalah variasi kuliner yang tak mengurangi kenikmatan kokek itu sendiri.

Menggunakan daging ayam membuat kokek jadi lebih beragam rasanya, bagi yang tidak suka ikan teri maka bisa memilih untuk mengonsumsi ayam kokek. Apalagi jika ditambah dengan nasi hangat, kenikmatannya bikin mulut tak ingin berhenti mengunyah rasanya.

Seperti apa ayam kokek? Dari segi tampilannya itu sendiri terlihat seperti gulai ayam, hanya saja ada beberapa perbedaan yang membuatnya jadi lebih istimewa. Misalnya saja kuahnya, kuah ayam kokek yang cokelat keemasan, ada citarasa asam dan pedas yang pas serta kuah santan yang sengaja dibuat agak pecah. Belum lagi aroma duriannya yang membuat kuliner ini layak dicoba semua pecinta kuliner.

Ingin mencicipi santapan lainnya? Ada kuliner yang bahan utamanya adalah Ikan Salai, yakni ikan sungai yang telah diasap. Kemudian ada juga Alo-Alo dan Lingkitang (kerang sungai dan siput) yang diolah menjadi santapan lezat. Bahkan ada Lopek Totakuo yang merupakan kue tradisional langka, dibuat dengan menggunakan kantong semar. Kuliner khas Rohul yang unik ini tentunya bisa memuaskan hasrat kuliner nusantara kita.

Kuliner Khas Pasir Ayam Kokek, Smabal Kokek Ujung batu 
Sambalado Asam Duria & Ayam Kokek.
Cara membuat Asam durian Kokek Pasir Pangaraian
Gulai Kokek Asam Durian Rohu
Kuliner Pekanbaru Riau, dan Tempat Makan enak di Rohul

Comments

Popular posts from this blog

Nasi Kapau Gonjong Limo Enak dan Lezat

Nasi Kapau Gonjong Limo Memang Mantap Gulai Tambunsu Favorit di Nasi Kapau Gojong Limo  Nasi Kapau merupakan salah satu kuliner yang berasal dari Ranah Minang. Kapau adalah sebuah nama daerah yang ada di pinggiran Kota Bukittinggi, Walaupun secara Geografis daerah Kapau ini tidak terletak di Bukittinggi, tetapi daerah Kapau ini sangat erat kaitannya dengan kota Bukittinggi. Sekarang Nama Kapau telah terkenal dimana-mana karena Sebagian besar penduduk daerah kapau ini banyak yang berjualan nasi di berbagai daerah di Indonesia. Jika anda berkunjung ke kota Bukittinggi anda akan menemui sebuah los atau pasar yang khusus tempat menjual nasi Kapau, yaitu Los Lambuang Pasar Ateh Bukittinggi. Tambunsu Nasi Kapau Gonjong Limo Nah, di Kota Pekanbaru kota Bertuah ini ada sebuah Kedai Nasi Kapau, yang sudah berjalan puluhan tahun melayani pencinta nasi kapau di Pekanbaru, Nasi Kapau tersebut Bernama Nasi Kapau Gonjong Limo. Menu Nasi Kapau Gojong Limo ini hampir sama dengan Menu yan

Cara Mendapatkan Stiker Penari Lintas Community

Beraneka Macam Model Stiker PLC Stiker Penari Lintas Community Penari Lintas Coomunity saat ini sudah dikenal oleh masyarakat Stiker yang Tertempel pada Group Facebook PLC Cara Mendapatkan Stiker PLC  Silahkan Langsung Sharing di Group Facebook Klik Disini PLC Versi 1 Salam Satu Aspal PLC Cara Bergabung dengan PLC

Pijat Refleksi Panggilan Pekanbaru Riau

Pijat Refleksi & Tradisioanl Pekanbaru PAK KHAIDIR Selamat Sore Traveler dan msyarakat Kota Pekanbaru dimanapun anda beraada.. Pada Sore ini kami admin travelpekanbaru.com akan memberikan informasi penting terkait tempat pijat refleksi dan pijat tradisional di kota pekanbaru. Nah ini adalah salah satu kemudahan yang di nsediakan di Tempat Pijat Refleksi dan Tradisional PAK KHAIDIR Kota Pekanbaru. Pijat Refleksi Pak Khidir langsung ditangai oleh tenaga profesioanl dibidangnya. Pak Kahidir sendiri sudah Belasan tahun menggeluti Profesi Pijat Tradisional ini. Pemijatan dilakukan maulai dari Ujung  Kaki Hingga baian kepala. Badan yang terasa kurang enak akan lebih Ringan setelah Di Pijat disini. Alamat Tempat Pijat Pak Khaidir ini Berada di Pusat kota Peknabaru yaitu di Jlaan Todak Samping Travel ALAM JAYA GROUP Rute pekanbaru Batusangakar Sawahlunto. Pijat Refleksi Pak Khaidir ini 2 Jam, dan Tenaga Ahli Pijat Pak Khaidir ini siap dipanggil dengan Rdius 3 Km. Jika Lebih