Skip to main content

Makanan Oleh-oleh Khas Rengat

Beberapa Makanan Oleh-oleh Khas Rengat

Cemilan Makanan Ringan Khas Daerah Rengat
Makanan Unik dari Rengat

Es Laksamana Mengamuk Minuman Khas Rengat


Beragam jenis oleh-oleh khas Rengat yang bisa kita temui. Beberapa di antaranya termasuk oleh-oleh yang langka dan unik. Misalnya saja, Bolu Berondam yang hanya bisa diperoleh dengan cara dipesan dari sang pembuat. Pasalnya, penganan khas daerah yang berjuluk Kota Raja ini harus dibuat oleh orang yang dalam keadaan suci, tidak boleh marah, mood bagus. Pantangan yang sulit inilah yang membuat oleh-oleh khas ini sangat sulit diperoleh.

Namun, kita tidak usah kuatir, karena masih banyak penganan khas dan unik lainnya yang banyak dijajakan oleh para pedagang di sekitar Kota Rengat. Seperti apa sajakah penganan tersebut?

Rengat adalah ibukota Kabupaten Indragiri Hulu. Nama kota Rengat selalu tak lepas dengan Tembilahan yang menjadi ibukota Kabupaten Indragiri Hilir. Kedua kota tersebut terletak di Provinsi Riau. Kedua kota tersebut dijuluki dengan kota para raja karena kota-kota tersebut tempat bersemayam para raja-raja di bawah kekuasaan Kerajaan Minangkabau.

Pada masa kejayaan kerajaan Minangkabau, kedua kota tersebut menjadi lokasi yang strategis sebagai pelabuhan utama. Sampai sekarang, warisan kerajaan-kerajaan Melayu ini masih bisa kita temui. Salah satunya penganan khas dan uniknya.

Beberapa oleh-oleh khas Rengat, antara lain :

1. Bolu Berondam
Bolu Berondam hanya bisa dijumpai pada saat ada acara pesta adat seperti selamatan, lebaran, dan acara-acara khusus. Kue ini sebenarnya hanya dihidangkan untuk para raja sehingga nilai kesakralannya tinggi. Dalam proses pembuatannya juga tidak sembarangan. Si pembuatnya harus dalam keadaan suci, jiwanya bersih, jauh dari sifat marah, dan hatinya selalu dalam kondisi baik.

2. Dodol Kedondong
Dulu, area Kota Rengat banyak terdapat pohon kedondong. Banyak masyarakat setempat yang mengolah buah kedondong menjadi dodol. Sekarang, dodol kedondong bisa dengan mudah didapatkan sebagai oleh-oleh walau pohon kedondongnya sudah sangat langka.

3. Buah Seroja
Buah Seroja atau buah Lotus atau buah teratai. Buah ini adalah makanan para raja-raja. Kita bisa memperoleh buah seroja yang dijajakan oleh para penjual di sepanjang jalan kota Rengat. Hanya saja, buah ini tak setiap saat tersedia karena buah ini termasuk buah tahunan.

4. Laksamana Mengamuk
Salah satu jenis oleh-oleh khas Rengat yang langsung disantap di tempat. Pasalnya penganan ini adalah minuman segar yang terbuat dari buah kuwini segar, santan, dan gula.

5. Kue Bawang
Kue bawang atau kerupuk bawang. Kerupuk berasa gurih karena salah satu bahan dasarnya berupa bawang. Oleh-oleh ini bisa dibawa pulang karena tahan lama.

Itulah beberapa oleh-oleh khas Rengat yang bisa Anda santap dan di bawa pulang sebagai cendera mata dari daerah kota para raja di Provinsi Riau. Setelah puas menikmati pesona bangunan kuno bekas kerajaan Minangkabau beserta pemandangan sekitarnya yang memukau, Anda juga terpuaskan dengan suguhan aneka kuliner khas Rengat ini. 

Laksamana Mengamuk Minuman Khas Rengat 
Info Travel Pekanbaru Rengat Tembilahan

Comments

Popular posts from this blog

Nasi Kapau Gonjong Limo Enak dan Lezat

Nasi Kapau Gonjong Limo Memang Mantap Gulai Tambunsu Favorit di Nasi Kapau Gojong Limo  Nasi Kapau merupakan salah satu kuliner yang berasal dari Ranah Minang. Kapau adalah sebuah nama daerah yang ada di pinggiran Kota Bukittinggi, Walaupun secara Geografis daerah Kapau ini tidak terletak di Bukittinggi, tetapi daerah Kapau ini sangat erat kaitannya dengan kota Bukittinggi. Sekarang Nama Kapau telah terkenal dimana-mana karena Sebagian besar penduduk daerah kapau ini banyak yang berjualan nasi di berbagai daerah di Indonesia. Jika anda berkunjung ke kota Bukittinggi anda akan menemui sebuah los atau pasar yang khusus tempat menjual nasi Kapau, yaitu Los Lambuang Pasar Ateh Bukittinggi. Tambunsu Nasi Kapau Gonjong Limo Nah, di Kota Pekanbaru kota Bertuah ini ada sebuah Kedai Nasi Kapau, yang sudah berjalan puluhan tahun melayani pencinta nasi kapau di Pekanbaru, Nasi Kapau tersebut Bernama Nasi Kapau Gonjong Limo. Menu Nasi Kapau Gojong Limo ini hampir sama dengan Menu yan

Cara Mendapatkan Stiker Penari Lintas Community

Beraneka Macam Model Stiker PLC Stiker Penari Lintas Community Penari Lintas Coomunity saat ini sudah dikenal oleh masyarakat Stiker yang Tertempel pada Group Facebook PLC Cara Mendapatkan Stiker PLC  Silahkan Langsung Sharing di Group Facebook Klik Disini PLC Versi 1 Salam Satu Aspal PLC Cara Bergabung dengan PLC

Pijat Refleksi Panggilan Pekanbaru Riau

Pijat Refleksi & Tradisioanl Pekanbaru PAK KHAIDIR Selamat Sore Traveler dan msyarakat Kota Pekanbaru dimanapun anda beraada.. Pada Sore ini kami admin travelpekanbaru.com akan memberikan informasi penting terkait tempat pijat refleksi dan pijat tradisional di kota pekanbaru. Nah ini adalah salah satu kemudahan yang di nsediakan di Tempat Pijat Refleksi dan Tradisional PAK KHAIDIR Kota Pekanbaru. Pijat Refleksi Pak Khidir langsung ditangai oleh tenaga profesioanl dibidangnya. Pak Kahidir sendiri sudah Belasan tahun menggeluti Profesi Pijat Tradisional ini. Pemijatan dilakukan maulai dari Ujung  Kaki Hingga baian kepala. Badan yang terasa kurang enak akan lebih Ringan setelah Di Pijat disini. Alamat Tempat Pijat Pak Khaidir ini Berada di Pusat kota Peknabaru yaitu di Jlaan Todak Samping Travel ALAM JAYA GROUP Rute pekanbaru Batusangakar Sawahlunto. Pijat Refleksi Pak Khaidir ini 2 Jam, dan Tenaga Ahli Pijat Pak Khaidir ini siap dipanggil dengan Rdius 3 Km. Jika Lebih