Skip to main content

5 Cenderamata Khas Riau di Pekanbaru


5 Cenderamata Khas Riau di Pekanbaru

jika sudah berkunjung ke riau khususnya di pekanbaru rasanya belum lengkap kalau tidak membawa pulang oleh - oleh dan cenderamata khas riau. sahabat traveler bingung apa yang cocok dijadikan buah tangan dari kota pekanbaru ?

ada banyak cenderamata khas pekanbaru yang bisa sahabat traveler jadikan oleh - oleh untuk di bawa pulang loh, yuk cek rekomendasi cenderamata khas riau berikut ini : 

1. kain tenun khas riau 
Hasil gambar untuk kain tenun khas riau  Cenderamata berupa kain tenun khas Riau dapat ditemukan di Rumah Tenun, lokasinya berada di Kampung Bandar, Senapelan, PekanbaruTempat produksi tenun ini dibangun pada tahun 1887 oleh H. Yahya, seorang tauke getah ternama pada masa itu. Dulu, masa awal perang kemerdekaan, Rumah Tenun dijadikan sebagai gudang logistik dan dapur umum para pejuang.Bahan yang digunakan juga bahan baku khusus, yakni benang impor dari Singapura. Harga kain tenun yang dijual bervariasi. Kain dengan ukuran 2 meter dijual dengan harga Rp700.000 hingga jutaan rupiah. Di sini juga ada selendang tenun cantik yang dapat dibeli seharga Rp50.000.sahabat traveler yang berminat membeli tenun atau melihat proses pembuatan tenun secara langsung, bahkan ingin belajar bertenun, silakan kunjungi Rumah Tenun Kampung Bandar. Rumah ini dibuka setiap hari untuk pengunjung. Hasil gambar untuk rumah tenun kampung bandar


























































2. Batik Bono
Hasil gambar untuk BATIK BONO KHAS RIAU

Provinsi Riau memiliki kain batik yang bisa dijadikan oleh-oleh. Salah satu produsen batik tersebut adalah Rumah Batik Andalan. Rumah Batik Andalan merupakan unit usaha binaan Community Development (CD) PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP). Berlokasi di Pelalawan, Rumah Batik Andalan menawarkan kain batik dengan berbagai motif dan warna.

Dibuat dengan proses manual, yakni batik cap dan batik tulis. Produksi batik di Rumah Batik Andalan ini memiliki keunikan tersendiri, karena motif-motif yang dihasilkan pun mengadaptasi berbagai hal yang ada di Provinsi Riau. Ada motif pucuk rebung, motif bolu kemojo, lalu kekayaan flora dan fauna pun tak luput untuk dijadikan motif batik seperti akasia dan teratai.

Kain batik cap dijual mulai dari Rp200.000 sampai Rp300.000 per potong. Sedangkan kain batik tulis dijual mulai dari Rp350.000 sampai Rp500.000 per potong. Selain itu, Rumah Batik Andalan juga menerima pesanan kain batik dengan motif khusus yang bisa disesuaikan dengan keininan pemesan.

Bagi sahabat traveler yang berminat membeli batik khas Riau ini bisa langsung mengunjungi Kompleks BPPUT, Townsite 2 PT RAPP, Pangkalan Kerinci, Pelalawan. sahabat traveler bahkan bisa ketemu langsung dan mencoba membatik! Tapi kalau sudah ga keburu, bisa juga beli batiknya di Hotel Sri Indrayani, Jalan Sam Ratulangi, Pekanbaru.

3. miniatur 

Cenderamata berupa miniatur kota Pekanbaru atau ikon khas melayu dapat ditemukan berupa tempat pena, piring berukir, gantungan kunci, lonceng, diorama mini, dll. Miniatur yang dijual antara lain Tugu Zapin, Perahu Lancang Kuning, Pakaian Adat Melayu, Keris Melayu, dll.
sahabat traveler bisa menemukannya di pasar bawah pekanbaru

Hasil gambar untuk cenderamata mainan kunci khas riau 

4. Kaos Pekanbaru

Biasanya kalau mendatangi suatu kota, akan ada toko yang menjual kaos dan aksesoris bertuliskan kota tersebut. Tentu saja Pekanbaru juga menyediakan souvenir ready to wear.

Aneka t-shirt, kemeja, topi, dan atribut lainnya bertuliskan Pekanbaru dengan desain menarik dapat dijumpai di Pasar Bawah. Ada banyak jenis kualitas kaos yang ditawarkan. Paling murah mulai dari Rp100.000/4 buah. 

Gambar terkait 

5.  Pakaian adat melayu
  
Membeli pakaian adat melayu menjadi salah satu rekomendasi kami untuk cenderamata. Untuk pakaian wanita, terdapat satu set pakaian melayu. Disini banyak yang menjual berbagai bahan kain. Biasanya kain atasan polos dipadu dengan bawahan dan selendang berupa songket atau tenun.

Pembeli bisa menyesuaikan ukuran dan juga bebas berkreasi. Harga mulai Rp100.000 untuk sepasang atas bawah. Semakin mewah harganya semakin naik bisa sampai jutaan
sahabat traveler bisa mendapatkan pakaian adat melayu ini di pasar bawah lantai 1
Gambar terkait 


 nah, setelah membaca pembahasan di atas, apakah sahabat traveler tertarik untuk membawa pulang cenderamata khas riau ini?
 semoga bisa menjadi referensi baru ya sahabat traveler.
 

Comments

Popular posts from this blog

Nasi Kapau Gonjong Limo Enak dan Lezat

Nasi Kapau Gonjong Limo Memang Mantap Gulai Tambunsu Favorit di Nasi Kapau Gojong Limo  Nasi Kapau merupakan salah satu kuliner yang berasal dari Ranah Minang. Kapau adalah sebuah nama daerah yang ada di pinggiran Kota Bukittinggi, Walaupun secara Geografis daerah Kapau ini tidak terletak di Bukittinggi, tetapi daerah Kapau ini sangat erat kaitannya dengan kota Bukittinggi. Sekarang Nama Kapau telah terkenal dimana-mana karena Sebagian besar penduduk daerah kapau ini banyak yang berjualan nasi di berbagai daerah di Indonesia. Jika anda berkunjung ke kota Bukittinggi anda akan menemui sebuah los atau pasar yang khusus tempat menjual nasi Kapau, yaitu Los Lambuang Pasar Ateh Bukittinggi. Tambunsu Nasi Kapau Gonjong Limo Nah, di Kota Pekanbaru kota Bertuah ini ada sebuah Kedai Nasi Kapau, yang sudah berjalan puluhan tahun melayani pencinta nasi kapau di Pekanbaru, Nasi Kapau tersebut Bernama Nasi Kapau Gonjong Limo. Menu Nasi Kapau Gojong Limo ini hampir sama dengan Menu yan

Cara Mendapatkan Stiker Penari Lintas Community

Beraneka Macam Model Stiker PLC Stiker Penari Lintas Community Penari Lintas Coomunity saat ini sudah dikenal oleh masyarakat Stiker yang Tertempel pada Group Facebook PLC Cara Mendapatkan Stiker PLC  Silahkan Langsung Sharing di Group Facebook Klik Disini PLC Versi 1 Salam Satu Aspal PLC Cara Bergabung dengan PLC

Pijat Refleksi Panggilan Pekanbaru Riau

Pijat Refleksi & Tradisioanl Pekanbaru PAK KHAIDIR Selamat Sore Traveler dan msyarakat Kota Pekanbaru dimanapun anda beraada.. Pada Sore ini kami admin travelpekanbaru.com akan memberikan informasi penting terkait tempat pijat refleksi dan pijat tradisional di kota pekanbaru. Nah ini adalah salah satu kemudahan yang di nsediakan di Tempat Pijat Refleksi dan Tradisional PAK KHAIDIR Kota Pekanbaru. Pijat Refleksi Pak Khidir langsung ditangai oleh tenaga profesioanl dibidangnya. Pak Kahidir sendiri sudah Belasan tahun menggeluti Profesi Pijat Tradisional ini. Pemijatan dilakukan maulai dari Ujung  Kaki Hingga baian kepala. Badan yang terasa kurang enak akan lebih Ringan setelah Di Pijat disini. Alamat Tempat Pijat Pak Khaidir ini Berada di Pusat kota Peknabaru yaitu di Jlaan Todak Samping Travel ALAM JAYA GROUP Rute pekanbaru Batusangakar Sawahlunto. Pijat Refleksi Pak Khaidir ini 2 Jam, dan Tenaga Ahli Pijat Pak Khaidir ini siap dipanggil dengan Rdius 3 Km. Jika Lebih