Skip to main content

Keindahan Riau yang Patut Kamu datangi Saat Menjelajahi Tanah Melayu

Keindahan Riau yang Patut Kamu datangi Saat MenjelajahiTanah Melayu

Provinsi Riau yang diberkahi sumber daya alam yang kaya akan Minyak bumi, gas alam, karet, hingga kelapa sawit tumbuh di tanah suburnya. Sayangnya, kabut asap akibat pembakaran hutan di sana membuat keindahan dan kekayaan Riau jadi samar sehingga liburan ke riau jadi kurang nyaman. Padahal, sejumlah destinasi wisata keren telah menanti untuk kamu jamahi di tanah Melayu ini.

Nah, sahabat traveler pasti penasarankan apa saja destinasi wisata di provinsi riau ini, yuk simak ulasan berikut ini :

1. Penasaran gimana rasanya berselancar di sungai? yuk Taklukkan uniknya ombak Bono di Sungai Kampar

Menunggang ombak Bono di Sungai Kampar

Ada yang unik saat sahabat traveler berkunjung ke muara Sungai Kampar, tepatnya di Desa Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan. Pada saat-saat tertentu biasanya purnama atau bulan mati, kamu bisa menyaksikan fenomena ombak Bono yaitu ombak besar yang muncul akibat pertemuan arus sungai menuju laut dan arus laut yang masuk ke sungai akibat pasang. Tinggi ombak Bono ini bisa mencapai 4-6 meter dan menjadi salah satu daya tarik bagi para peselancar.
yuk kunjungi dan nikmati rasanya menaklukkan ombak besar dengan sebilah papan di badan sungai

2. Air terjun Aek Martua di Kabupaten Rokan Hulu.              keindahan air terjunnya yang memiliki tujuh tingkat

Air terjun Aek Martua.

Ada keistimewaan tersembunyi di kawasan pegunungan Bukit Barisan yang bernama air terjun Aek Martua. Namanya diambil dari bahasa Mandailing yang berarti “air bertuah”. Air terjun ini bertingkat-tingkat tapi gak cuma dua atau tiga tingkat  melainkan sampai tujuh tingkat Makanya, air terjun ini juga sering disebut air terjun Tangga Seribu. Selain itu air terjun ini juga dikelilingi panorama yang sejuk dan asri. yuk kunjungi air terjun ini di Desa Bangun Purba, Kecamatan Bangun Purba Kabupaten Rokan Hulu.

3. Nuansa Buddhisme di Riau bisa kamu rasakan di Kompleks Candi Muara Takus yang terawat

Candi Muara Takus 

Riau pernah jadi salah satu pusat kegiatan agama Buddha di Sumatera pada abad-abad awal. Ini terbukti dengan peninggalan kebudayaan Buddha berupa situs Candi Muara Takus di Desa Muara Takus, Kabupaten Kampar, Riau. Candi ini adalah bangunan bata terbesar di Sumatera yang ditemukan di tengah pedalaman hutan.
Jangan lewatkan untuk menyambangi Candi Muara Takus yang merupakan peninggalan sejarah berbentuk candi satu-satunya di Sumatera. Untuk sampai ke sini, kamu bisa menempuh perjalanan sejauh kurang lebih 135 kilometer dari Pekanbaru.

4. Ingin menyambangi pantai yang gak kalah indah dari Maladewa? Datangi saja Pantai Rupat Utara di Kabupaten Bengkalis

Hasil gambar untuk pantai rupat bengkalis

Siapa sangka Riau menyimpan keindahan alam yang luar biasa, Bentangan pasir putih yang luas akan menyambut begitu sahabat traveler menginjakkan kaki di Pantai Rupat Utara, Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis ini. Pantai yang menghadap langsung ke Selat Malaka ini begitu alami dan bersih, Untuk mencapai pantai ini sahabat traveler bisa menumpang speedboat dari Pelabuhan Rakyat di Dumai menuju Tanjung Medang selama dua jam. Lalu sahabat traveler bisa naik ojek ke Teluk Rhu selama 30 menit. Pantai yang membentang sejauh 13 km bakal membuat sahabat traveler puas berada disini.

5. Kerajaan Melayu Islam meninggalkan jejak cantiknya lewat Istana Siak di Kabupaten Siak

Gambar terkait

 

Kalau sahabat traveler tertarik dengan peninggalan sejarah dari Kerajaan Melayu Islam, ada Istana Siak Sri Inderapura yang bisa sahabat traveler kunjungi di Kabupaten Siak. Istana ini dulunya adalah tempat tinggal Sultan Siak, pemimpin Kerajaan Siak yang merupakan pecahan dari Kerajaan Melayu.
Bangunan ikonik bergaya arsitektur Melayu-Arab-Eropa ini kini difungsikan sebagai tempat menyimpan benda-benda bersejarah warisan Kerajaan Siak. sahabat traveler bisa melihat-lihat sejumlah koleksi seperti kursi singgasana yang bersepuh emas, duplikat mahkota kerajaan, patung perunggu Ratu Wilhemina, serta alat musik komet yang cuma ada dua di dunia.

6. Mencari tempat wisata keluarga ala theme park? Riau punya taman bermain terbesar di Sumatera yaitu Riau Fantasi

 Riau Fantasi

Orang yang tinggal di Riau dan sekitarnya gak perlu jauh-jauh datang ke Jakarta untuk menikmati serunya bermain di taman rekreasi. Ada Riau Fantasi yang merupakan taman rekreasi terbesar dan terlengkap di Sumatera. Dengan aneka wahana yang sanggup memacu adrenalin, sahabat traveler pasti gak akan menghabiskan waktu yang sebentar di sini. Siapin juga pakaian renang karena sejumlah wanaha air menanti sahabat traveler di sini.
Riau Fantasi terletak di Jalan Labersa, sekitar 45 menit dari pusat kota Pekanbaru. Cukup merogoh kocek mulai dari 60 ribu , sahabat traveler sudah bisa menikmati wahana yang ada sampai puas.

7. Datanglah ke Riau di bulan Agustus dan saksikan Festival Pacu Jalur di Kuantan Singingi



Hasil gambar untuk festival pacu jalur di kuantan singingi 

Festival Pacu Jalur adalah perlombaan perahu dayung tradisional yang diadakan setiap sekitar tanggal 23-26 Agustus. Festival ini sudah menjadi salah satu event nasional untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Partisipan dari seluruh desa di Kuantan Singingi dan sekitarnya berlomba mendayung perahu sepanjang 25-40 meter untuk mencapai garis finish. Selain perlombaan perahu dayung yang menjadi puncak acara, sahabat traveler juga akan disuguhkan pertunjukan tari-tarian, lagu daerah, dan sebagainya.

Gimana, Riau cukup layak jadi destinasi liburanmu, bukan? Yuk liburan ke Riau!

Comments

Popular posts from this blog

Nasi Kapau Gonjong Limo Enak dan Lezat

Nasi Kapau Gonjong Limo Memang Mantap Gulai Tambunsu Favorit di Nasi Kapau Gojong Limo  Nasi Kapau merupakan salah satu kuliner yang berasal dari Ranah Minang. Kapau adalah sebuah nama daerah yang ada di pinggiran Kota Bukittinggi, Walaupun secara Geografis daerah Kapau ini tidak terletak di Bukittinggi, tetapi daerah Kapau ini sangat erat kaitannya dengan kota Bukittinggi. Sekarang Nama Kapau telah terkenal dimana-mana karena Sebagian besar penduduk daerah kapau ini banyak yang berjualan nasi di berbagai daerah di Indonesia. Jika anda berkunjung ke kota Bukittinggi anda akan menemui sebuah los atau pasar yang khusus tempat menjual nasi Kapau, yaitu Los Lambuang Pasar Ateh Bukittinggi. Tambunsu Nasi Kapau Gonjong Limo Nah, di Kota Pekanbaru kota Bertuah ini ada sebuah Kedai Nasi Kapau, yang sudah berjalan puluhan tahun melayani pencinta nasi kapau di Pekanbaru, Nasi Kapau tersebut Bernama Nasi Kapau Gonjong Limo. Menu Nasi Kapau Gojong Limo ini hampir sama dengan Menu yan

Cara Mendapatkan Stiker Penari Lintas Community

Beraneka Macam Model Stiker PLC Stiker Penari Lintas Community Penari Lintas Coomunity saat ini sudah dikenal oleh masyarakat Stiker yang Tertempel pada Group Facebook PLC Cara Mendapatkan Stiker PLC  Silahkan Langsung Sharing di Group Facebook Klik Disini PLC Versi 1 Salam Satu Aspal PLC Cara Bergabung dengan PLC

Pijat Refleksi Panggilan Pekanbaru Riau

Pijat Refleksi & Tradisioanl Pekanbaru PAK KHAIDIR Selamat Sore Traveler dan msyarakat Kota Pekanbaru dimanapun anda beraada.. Pada Sore ini kami admin travelpekanbaru.com akan memberikan informasi penting terkait tempat pijat refleksi dan pijat tradisional di kota pekanbaru. Nah ini adalah salah satu kemudahan yang di nsediakan di Tempat Pijat Refleksi dan Tradisional PAK KHAIDIR Kota Pekanbaru. Pijat Refleksi Pak Khidir langsung ditangai oleh tenaga profesioanl dibidangnya. Pak Kahidir sendiri sudah Belasan tahun menggeluti Profesi Pijat Tradisional ini. Pemijatan dilakukan maulai dari Ujung  Kaki Hingga baian kepala. Badan yang terasa kurang enak akan lebih Ringan setelah Di Pijat disini. Alamat Tempat Pijat Pak Khaidir ini Berada di Pusat kota Peknabaru yaitu di Jlaan Todak Samping Travel ALAM JAYA GROUP Rute pekanbaru Batusangakar Sawahlunto. Pijat Refleksi Pak Khaidir ini 2 Jam, dan Tenaga Ahli Pijat Pak Khaidir ini siap dipanggil dengan Rdius 3 Km. Jika Lebih