Skip to main content

Panorama Alam Dan Keindahan Bawah Laut Pulau Pasumpahan

Kompasiana.com


Bukan rahasia publik kalau Indonesia memiliki banyak tempat wisata yang luar biasa indahnya. Mulai dari dataran, laut, hingga dalam lautnya yang dijamin super keren, seperti Pulau Pasumpahan yang terdapat di provinsi Sumatera Barat salah satunya.Terletak di Perairan Kecamatan Bungus, Teluk Kabung, Kota Padang Sumatera Barat. Dan bagi wisatawan yang tertarik mengunjungi pulau ini bisa dengan dua cara yaitu dengan menggunakan paket One Day Trip dan Backpacker.

Pulau Pasumpahan berada sekitar 200 meter dari Pulau Sikuai. Pulau ini memiliki obyek wisata pantai pasir putih dengan terumbu karang yang masih terjaga. Selain itu pulau ini menjadi tempat berteduh atau berkumpulnya para nelayan. Di pinggir pantai kita bisa melihat banyak aktivitas nelayan di sini yang sedang menangkap ikan maupun menjaring ikan.

Akses ke Pulau Pasumpahan

Untuk akses dan lokasi Pulau Pasumpahan letaknya ada di Perairan Kecamatan Bungus, Teluk Kabung, Kota Padang Sumatera Barat. Dan bagi wisatawan yang tertarik mengunjungi pulau ini bisa dengan dua cara yaitu dengan menggunakan paket One Day Trip dan Backpacker. Bagi wisatawan yang ingin memilih paket One Day Trip berkisar dengan harga 250-350 ribu per orang dan harga ini tergantung dengan fasilitas yang di dapatkan. Jika dengan paket ini kita akan lebih mudah ke lokasi dan cepat untuk menikmati Pulau Pasumpahan dalam satu hari.

Dan jika wisatawan yang ingin memilih paket Backpacker dan sangat menyukai petualangan maka anda bisa mengunjungi Sei Pisang terlebih dahulu jaraknya sekitar 20 km dari Kota Padang. Dan dari Kota Padang kita menuju ke arah painan, dan d tengah perjalanan akan ada tanda yang menunjukkan arah Sei Pisang. Setelah itu kita akan menempuh perjalanan sekitar 4 km. Dan setelah tiba di Sei pisang, maka untuk menuju Pulau ini kita dapan menyewa perahu yang telah di sediakan. Dengan harga 35-50 ribu/orang pulang pergi, setelah tiba maka kita akan membayar biaya masuk sebesar Rp 15.000 per orangnya.

Daya Tarik Pulau Pasumpahan

Pulau Pasumpahan ini mempunyai luas sekitar 5 hektar dan mempunyai hamparan pasir putih yang berpadu dengan air laut yang jernih. Ada hal menarik disini, bentuk permukaan laut pulau ini seperti terbagi jadi tiga bagian warna air, warna bening di bagian tepi, warna hijau di depannya dan agak berwarna biru ke bagian tengah. Hal ini disebabkan oleh perbedaan kedalaman dan keanekaragaman ekosistem laut di sekitar pulau

Ekosistem bawah laut yg masih asri, dan terjaga dengan terumbu karang yg indah, menjadikan akifitas snorkelling di Pulau Pasumpahan menjadi sangat menyenangkan. Potensi wisata bawah laut di kawasan wisata bahari pantai barat Kota Padang ini berupa kawasan ekosistem terumbu karang yang terdapat hampir di setiap pulau, di antaranya di Pulau Gosong. Selain dari terumbu karang berbagai jenis ikan karang atau ikan-ikan hias juga sangat menarik untuk dinikmati wisatawan. Di perairan Kota Padang ditemukan 21 jenis ikan kepe-kepe yang didominasi oleh Chaetodon trifascialis. Lokasi-Iokasi penyelaman yang sudah mulai dipasarkan kepada wisatawan antara lain Pulau Gosong, Pulau Ular, Pulau Sirandah, dan Pulan Pandan.

Pohon kelapa yang tumbuh subur di pulau Pasumpahan membuat kenyamanan sendiri sambil duduk santai atau mendirikan kemah, mungkin juga hanya jalan-jalan di sepanjang pantai.

Fasilitas Di Pulau Pasumpahan

Di Pulau Pasumpahan juga tersedia beberapa fasilitas pendukung yang diantaranya adalah:

  • Penginapan
  • Musholla
  • Toilet
  • Snorkelling
  • Lapangan Voli
  • Area Berkemah
  • Warung
  • Tempat Sampah
  • Gazebo
  • Bangku Untuk Bersantai
  • dan lain-lain

Jangan sampai melewatkan moment berharga Anda selama snorkeling di bawah laut Pulau Pasumpahan. Tidak ada salahnya berpose di bawah laut Pahawang dengan latar belakang terumbu karang, ikan hias, serta anemon indah yang ada.

Tidak akan ada habisnya jika membahas tentang keindahan yang ada di pulau ini. Mulai dari pesona panorama alam sekitar pulau, keindahan bawah laut, hingga asyiknya menjejakkan kaki di atas pasir putih. Rasanya tidak salah bila memilih Pulau Pasumpahan sebagai tujuan wisata di akhir pekan terlebih saat libur panjang.

Jadi, tunggu apalagi? Segera rasakan sensasi liburan dengan menikmati panorama alam dan keindahan bawah laut Pulau Pasumpahan, baik bersama keluarga maupun bersama teman dekat Anda. Selamat berlibur!





Comments

Popular posts from this blog

Nasi Kapau Gonjong Limo Enak dan Lezat

Nasi Kapau Gonjong Limo Memang Mantap Gulai Tambunsu Favorit di Nasi Kapau Gojong Limo  Nasi Kapau merupakan salah satu kuliner yang berasal dari Ranah Minang. Kapau adalah sebuah nama daerah yang ada di pinggiran Kota Bukittinggi, Walaupun secara Geografis daerah Kapau ini tidak terletak di Bukittinggi, tetapi daerah Kapau ini sangat erat kaitannya dengan kota Bukittinggi. Sekarang Nama Kapau telah terkenal dimana-mana karena Sebagian besar penduduk daerah kapau ini banyak yang berjualan nasi di berbagai daerah di Indonesia. Jika anda berkunjung ke kota Bukittinggi anda akan menemui sebuah los atau pasar yang khusus tempat menjual nasi Kapau, yaitu Los Lambuang Pasar Ateh Bukittinggi. Tambunsu Nasi Kapau Gonjong Limo Nah, di Kota Pekanbaru kota Bertuah ini ada sebuah Kedai Nasi Kapau, yang sudah berjalan puluhan tahun melayani pencinta nasi kapau di Pekanbaru, Nasi Kapau tersebut Bernama Nasi Kapau Gonjong Limo. Menu Nasi Kapau Gojong Limo ini hampir sama dengan Menu yan

Cara Mendapatkan Stiker Penari Lintas Community

Beraneka Macam Model Stiker PLC Stiker Penari Lintas Community Penari Lintas Coomunity saat ini sudah dikenal oleh masyarakat Stiker yang Tertempel pada Group Facebook PLC Cara Mendapatkan Stiker PLC  Silahkan Langsung Sharing di Group Facebook Klik Disini PLC Versi 1 Salam Satu Aspal PLC Cara Bergabung dengan PLC

Pijat Refleksi Panggilan Pekanbaru Riau

Pijat Refleksi & Tradisioanl Pekanbaru PAK KHAIDIR Selamat Sore Traveler dan msyarakat Kota Pekanbaru dimanapun anda beraada.. Pada Sore ini kami admin travelpekanbaru.com akan memberikan informasi penting terkait tempat pijat refleksi dan pijat tradisional di kota pekanbaru. Nah ini adalah salah satu kemudahan yang di nsediakan di Tempat Pijat Refleksi dan Tradisional PAK KHAIDIR Kota Pekanbaru. Pijat Refleksi Pak Khidir langsung ditangai oleh tenaga profesioanl dibidangnya. Pak Kahidir sendiri sudah Belasan tahun menggeluti Profesi Pijat Tradisional ini. Pemijatan dilakukan maulai dari Ujung  Kaki Hingga baian kepala. Badan yang terasa kurang enak akan lebih Ringan setelah Di Pijat disini. Alamat Tempat Pijat Pak Khaidir ini Berada di Pusat kota Peknabaru yaitu di Jlaan Todak Samping Travel ALAM JAYA GROUP Rute pekanbaru Batusangakar Sawahlunto. Pijat Refleksi Pak Khaidir ini 2 Jam, dan Tenaga Ahli Pijat Pak Khaidir ini siap dipanggil dengan Rdius 3 Km. Jika Lebih